Daftar Blog Saya

Selamat Datang

Semoga blog ini bisa memberikan informasi yang anda perlukan.

Sabtu, 26 Desember 2009

13 DASAR GIZI SEIMBANG

Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) merupakan pedoman 4 sehat 5 sempurna yang memuat pesan-pesan masalah gizi yang seimbang dan aman bagi anak-anak guna mencapai dan mempertahankan status gizi dan kesehatan yang optimal.
 Makanlah beraneka ragam makanan
Makan beraneka ragam makanan dapat lebih mencukupi kebutuhan gizi seseorang yaitu kebutuhan lengkap akan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral
Karbohidrat :Nasi, kentang, jagung, singkong, kacang-kacangan (kacang tanah, kacang ijo), gula.
Lemak :daging, sarden, kacang kedelai kering, ayam
Vitamin :buah-buahan, sayuran
Protein :Telur, ikan,susu, tempe,tahu, kacang-kacangan, daun singkong.

 Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi.
Makanan bergizi tinggi untuk anak-anak dapat mencukupi kebutuhan energinya untuk melakukan aktifitas seperti bermain, belajar dan aktifitas lainnya.

 Makanlah sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi.
akanan sumber karbohidrat ini terdapat dalam bahan makanan pokok yang merupakan porsi yang paling besar dalam hidangan sebaiknya tidak lebih dari setengah kebutuhan. Setengah yang lainnya akan dipenuhi oleh bahan makanan lain yaitu protein dan lemak.
 Batasi konsumsi lemak dan minyak seperempat dari kebutuhan energi.
Lemak dan minyak yang terdapat di dalam makanan berguna untuk meningkatkan jumlah energi, membantu penyerapan vitamin-vitamin A, D, E, dan K, serta menambah lezatnya hidangan. Konsumsi lemak dan minyak dalam makanan sehari-hari sebaiknya 15 – 25 % dari kebutuhan energi.

 Gunakan garam beryodium.
GAKY (Gangguan Akibat Kekurangan Yodium) merupakan masalah gizi yang serius, karena dapat menyebabkan penyakit gondok dan kretin (kerdil). Kekurangan unsur yodium dalam makanan sehari-hari, dapat pula menurunkan tingkat kecerdasan seseorang. Indonesia saat ini diperkirakan kehilangan 140 juta I.Q poin akibat GAKY. Anak sekolah yang menderita GAKY biasanya memerlukan waktu yang relatif lebih lama untuk menyelesaikan tingkat pendidikan formal tertentu. Bahkan mereka yang menderita GAKY tingkat berat (kretin, kretinoid) tidak mampu menyerap pelajaran pendidikan dasar.

 Makanlah makanan sumber zat besi.
Zat besi (Fe) merupakan salah satu unsur pembentuk dari sel darah merah (eritrosit) yang bertanggungjawab transpor oksigen dan karbondioksida. Kekurangan zat besi menimbulkan masalah anemia gizi besi atau di masyarakat dikenal dengan penyakit kurang darah. Sumber utama Fe adalah bahan pangan hewani dan kacang-kacangan serta sayuran berwarna hijau tua.


 Berikan Air Susu Ibu (ASI) saja (ASI Eksklusif) sampai bayi umur 6 bulan.
ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Kolostrum yang terdapat pada awal setelah ibu melahirkan meskipun hanya dalam jumlah sedikit mengandung zat kekebalan dan vitamin A tinggi harus segera diberikan pada bayi. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari ASI, maka ASI harus diberikan kepada bayi segera setelah dilahirkan (dalam waktu 30 menit setelah lahir).

 Biasakan makan pagi.
Bagi anak sekolah makan pagi penting untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar sehingga lebih mudah untuk menerima pelajaran. eseorang yang tidak makan pagi memiliki risiko menderita gangguan kesehatan berupa menurunnya kadar gula darah dengan tanda-tanda antara lain : lemah, keluar keringat dingin, kesadaran menurun bahkan pingsan. Bagi anak sekolah, kondisi ini menyebabkan merosotnya konsentrasi belajar yang mengakibatkan menurunnya prestasi belajar.

 Minumlah air bersih dan aman yang cukup.
Air yang bersih dan aman harus direbus sampai mendidih terlebih dahulu supaya kuman mati.

 Lakukan aktivitas fisik.
Mengontrol kegiatan anak, hendaknya anak di biasakan beraktivitas bersama teman-temannya, hal ini dapat memacu fungsi motorik dan sosialisasi anak terhadap lingkungan.


 Istirahat cukup
Tidur siang sangat di anjurkan untuk anak-anak untuk mengembalikan energi yang hilang saat beraktifitas selain itu sebagai cadangan energi untuk melakukan aktifitas belajar dimalam hari

 Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan.
Makanan yang aman adalah makanan yang bebas dari kuman dan bahan kimia berbahaya serta tidak bertentangan dengan keyakinan masyarakat atau dengan kata lain halal. Makanan harus bebas dari pengawet atau bahan tambahan lain yang dapat merugikan kesehatan seperti seperti asam borax/bleng, formalin, zat pewarna rhodamin B dan methanil yellow.Tanda-tanda umum bagi makanan yang tidak aman bagi kesehatan antara lain: berlendir, berjamur, aroma dan rasa atau warna makanan berubah. Khusus untuk makanan olahan pabrik, bila melewati tanggal daluwarsa, atau terjadi karat/kerusakan pada kemasan, makanan kaleng tersebut harus segera dimusnahkan. Sebaiknya, makanan dengan tanda-tanda tersebut tidak dibeli dan tidak dikonsumsi, meskipun harganya sangat murah.

Bacalah label pada makanan yang dikemas.
Label makanan yang dikemas adalah keterangan tentang isi, jenis dan ukuran bahan-bahan yang digunakan, susunan zat gizi, tanggal kadaluwarsa serta keterangan penting lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar